Rabu, 30 April 2014

ROHIS SMA NEGERI 9 MANADO MENEBAR KASIH


Islam sebagai agama yang universal, telah memberikan nilai kehidupan yang mengagumkan bagi umat manusia. Keteladanan yang dicontohkan Nabi Muhammad saw. dalam seluruh aspek kehidupan beliau mampu menciptakan sebuah peradaban besar yang akan terus memberikan kontribusinya hingga akhir zaman.
Salah satu contoh teladan beliau adalah kepedulian terhadap sesama, khususnya kaum dhuafa –yang lemah-, fakir, dan miskin. Beliau juga peduli dengan lingkungan dan alam sekitar. Begitu banyak ayat al-Qur’an yang memerintahkan manusia untuk memperhatikan sesama, saling membantu, tolong menolong dan peduli dengan lingkungan, misalnya Q.S. at-Taubah ayat 60 dan al-Isra ayat 26-27.  Nilai-nilai inilah yang harus terus dikembangkan dalam konteks kekinian agar menjadi sebuah sikap mental yang baik terutama bagi generasi muda. Kepekaan ini perlu dilatih dan dipertajam melalui keterlibatan langsung di masyarakat agar kelak generasi bangsa ini mampu menjadi pemimpinpemimpin bangsa yang peduli dan peka dengan kondisi sosial yang ada.
Hal tersebut diungkapkan oleh Pembina Rohis Supriadi S.Ag., M.Pd.I dalam Pembukaan kegiatan Bakti Sosial dan Dakwah Wisata 1435 H/2014 M. Rohis SMA Negeri 9 Manado yang bertempat di Desa Likupang II Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara pada hari Sabtu, 26 April 2014. Menurut Ketua Rohis, Reynaldy Makalalag, yang didampingi Ketua Panitia Ilham Alif, acara yang mengambil tema “Menjalin ukhuwah dan solidaritas sosial” itu dijadwalkan berlangsung hingga hari Ahad, 27 April 2014 dengan dua agenda penting yaitu Khitanan Massal dan Pembagian Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Adapun tujuan dari kegiatan yang menjadi agenda tahunan Rohis SMA Negeri 9 Manado itu adalah untuk mempererat silaturahmi dan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah, meningkatkan pemahaman nilai-nilai dakwah Islam bagi peserta didik dan menambah wawasan serta meningkatkan solidaritas sosial  terhadap sesama manusia.
Kepala SMA Negeri 9 Manado Dra. Nelly Roosje Tani yang melepas rombongan sebelum menuju lokasi menyatakan pihak sekolah senantiasa mendukungan penuh kegiatan-kegiatan positif seperti yang digagas Rohis. Baginya, antara kegiatan ekstrakurikuler dan Proses Kegiatan Pembelajaran sama pentingnya sehingga ke depannya perlu dibijaksanai agar kegiatan ini tidak semata-mata menjadi rutinitas dan tidak bermakna.
Sementara itu, Sarjan Maramis yang mewakili pemerintah setempat mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan yang diselenggarakan tersebut. Menurutnya, kepedulian terhadap sesama yang digagas Rohis SMA Negeri 9 Manado tersebut perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, khususnya mereka yang mampu dan peduli dengan sesama. Dalam kesempatan itu telah dilakukan khitanan terhadap 24 anak dan pembagian 100 paket sembako terhadap masyarakat kurang mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar